Korea

Selasa, 03 Mei 2011

Apakah f(x) “Pinocchio” menjiplak?


Grup gadis f(x) SM Entertainment baru-baru ini membuat comeback yang telah lama ditunggu dan merilis album pertama mereka full-length, “Pinocchio.” Album ini menjadi hit dengan cepat dan mendapatkan penghargaan banyak untuk f(x), termasuk mencapai keadaan all-kill di banyak chart musik Korea, membuat 3 juta orang melihat MV di YouTube dalam waktu 10 hari dan mengamankan acara musik pertama grup menang sejak debut mereka kembali pada tahun 2009.
Namun, Grup dan title song mereka kini telah dilemparkan ke pusat perhatian sebagai video dari artis asing bernama Kristine Elezaj menyanyikan sebuah lagu bernama “Razor” telah muncul. Melodi dan beat dari “Razor” jelas sama dengan f(x) \ “Pinocchio,” dan orang sekarang bertanya-tanya apakah ini adalah kasus plagiat.
Menurut Galeri DC, “Pinocchio” bukanlah sebuah remake atau menjiplak sebuah lagu. Melalui penelitian mereka, mereka telah menemukan bahwa:
1. Kristine Elezaj mencatat title song nya seperti sebuah demo.
2. Kristine Elezaj adalah wanita Albania yang saat ini bekerja sebagai penyanyi solo di Amerika.
3. Untuk mempromosikan debutnya, lagu debut “Razor” digunakan sebagai musik latar belakang untuk video promosi.
4. Video menunjukkan praktek tarian dan sesi pemotretan, yang terjadi sebelum memulai debutnya.
5. Judul video termasuk “Unknown Test”, yang secara harfiah berarti “Test yang belum terungkap/Tidak diumumkan”
“Razor” tidak pernah merilisnya karena komplikasi dengan debutnya. Kristine Elezaj (atau perusahaan manajemen nya) menyerahkan hak atas lagu dan memilih untuk debut dengan lagu lain. Setelah itu, komposer dari “Razor,” Alex Cantrall, menjual hak lagu tersebut untuk SM Entertainment, yang kemudian berganti nama menjadi “Pinocchio” dan diberikan lagu itu untuk f(x).perwakilan DC Galeri juga menghubungi para penggemar Kristine Elezaj, yang juga menegaskan poin yang sebelumnya dinyatakan sebagai benar.
Akhirnya, DC Galeri perwakilan menambahkan bahwa selain dari demo yang yang panjang 1:57 dari “Razor,” tidak ada versi lain atau lebih dari lagu yang ada, lebih lanjut menegaskan fakta bahwa “Pinocchio” tidak menjiplak.
Tampaknya bahwa ini adalah kejadian deja vu “Devil Run Run” pada tahun 2010. Segera setelah merilis lagu SNSD, versi bahasa Inggris dinyanyikan oleh artis Amerika Ke$ha ditemukan dan memicu hiruk-pikuk tuduhan plagiat. Namun, itu kemudian dikonfirmasi bahwa Kesha hanya merekam lagu itu sebagai demo / panduan atas permintaan komposer lagu dan tidak pernah secara resmi merilis versi “Run Devil Run”nya. Audio versi Kesha sekarang mengambang di internet karena telah bocor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar